Review Pembaca . .. Toyota Etios Valco

front-3

Selamat sore wak haji, iseng-iseng kemarin coba test drive Etios Valco. Si mini hatchback baru Toyota. Sekilas pandang, ini mobil ngingetin kita akan Toyota Starlet. kecil, lincah, dan irit bahan bakar. Kebetulan karena saya kerja di Cibinong, iseng mampir di dealer Auto 2000 deket Cikaret. Masuk gedung, sambil liat Etios yg dipajang disana. Kebetulan yang dipajang adalah tipe E. tipe “tengah” yang ekonomis.

aerokit-big

Eksteriornya, sederhana banget hehe.. tipe E nya gak pake foglamp, sideskirt, dan lain-lain. Polos aja gitu. Muter-muterin mobil sebentar sambil nunggu salesnya yang lagi istirahat, liat bemper, headlamp, rearlamp, yaah gitu deh sederhana.

interior-1-big

Masuk ke interior, jok fabric warna hitam langsung mencuri pandang. Coba duduk di kursi pengemudi, kaki pengemudi lumayan tegak posisinya, dan gak ada pengatur tinggi-rendah di joknya. Pegang setir, mirip vios/ yaris bentuk steering wheelnya . liat-liat lagi, waduh, panel instrumennya alias speedometer jadul bener hehehe… masih pakai jarum plastik padat, latar belakang spido berwarna putih, jika lampu utama nyala akan berubah jadi warna silver, dengan bantuan LED tentunya hehe..

ac-big

geser dikit ke audio, sudah dilengkapi 2DIN audio merek Toyota. Yang lucu, penempatan speakernya yang berada didepan semua. Dua speaker dekat kaki, dua lagi didasbor, dekat spion. Oya, yang tipe E ini pengatur spionnya masih model tuas di pilar pintu. Geser lagi, jendela sudah full power window. Yang seru sih emang ada airbagnya di dua sisi, fitur safety yang tergolong mewah ini bisa turun ke kelas entry level tergolong cukup wow.

back-1

Gak lama, saya minta sama salesnya untuk bisa test drive unit yang ada, kebetulan yang dipakai untuk test drive adalah tipe G atau tipe tertingginya. Setir dibalut kulit mirip Yaris TRD atau Vios G 2013 plus audio steering switch memang membuat aura sportynya semakin kental. Tunggu 15 menit, gak lama mbak salesnya keluar lagi dari ruangan. Untuk test drive ini, gak repot lho. Cuma minta data aja plus nanti acc direkturnya, jadi deh test drive hari itu juga hehe…

airbag-big

Kunci ditangan, buka pintu pakai alarm, masuk kedalam mobil. Setting jok, pasang seatbelt, starter mobil bruummm…. Mesinnya pun menyala halus dan datar. Setting spion via electric mirror, karena kondisi hujan langsung nyalain wiper. Wipernya unik, single blade wiper, mengingatkan saya sama mercy tahun 90’an hehe.. langsung tancep, jleb, mesin mati. Gak taunya, rpm mesti agak tinggi. Sekitar 2000 RPM baru mobil mau melaju, dibawah itu? Siap2 engine stall. Keluar dealer, ambil kanan ke arah jalan Pemda Cibinong. Respon setirnya enteng dan akurat, begitu juga pedal rem dan gas yang diset agak berat. Koplingnya? Wuih enteng beneeerrr, untuk perempuan, ini pasti bakal seneng punya mobil begini hehehe..

back-3

Ketemu speed trap, hantem aja dulu ah. Bantingannya empuk ternyata, speedtrap selebar batu bata itu anteng ditelan suspensi mobilnya. Masuk jalan Pemda, Tanya pak supir yang nemenin, ijin tes larinya ya pak hehe… masuk gigi 1, tancep sampai red line. Ganti gigi 2, masih mulus dan tergolong cepet juga tarikannya, masuk gigi 3 yaaah miss-gear. Maklum deh,mobil baru jalan puluhan km udah digeber-geber hahaha… tapi dari situ, impresinya bisa ditebak. Mobil ini emang lebih mirip ke Yaris, handlingnya itu Yaris banget hehehe… mesinnya? Standar laaah, mesin 1.2L kok ngarep kenceng? Ini buat iriit…rit…rit…

Abis itu menuju ke dealernya lagi untuk balikin mobil, sembari liat dari luar. Mobil ini emang sederhana, walau dengan tambahan side skirt, fog lamp, dan lain-lain. Tapi untuk anak kuliah, ibu-ibu muda, keluarga kecil. Cocok laaaah… asal jangan ngeluh sama speedometernya aja. Satu-satunya nilai minus bagi saya dari si mini Toyota ini.

Ayo wak, test drive wak, siapa tau minat xixixixixi…. Best regards, salam untuk pembaca TMCBlog.com dan taufikh.com dimanapun anda berada

Rizky A.F

About these ads

8 pemikiran pada “Review Pembaca . .. Toyota Etios Valco

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s